Pages

Ads 468x60px

Jumat, 19 Juli 2013

STUDI KELAYAKAN BISNIS



I.     RENCANA BISNIS
A. Analisis 5W + 1H
·         What : Bisnis apa yang akan dilakukan?
Perusahaan Jasa yang bergerak dibidang percetakan sablon dengan nama PERCETAKAN ARYADI (PA)
·         WHY :Mengapa memilih bisnis tersebut ?
Ada peluang yang saya ambil untuk memenuhi kebutuhan hajatan, perlengkapan toko, dan membantu konsumen untuk mensablon kain ataupun baju.
·         WHO :Siapa yang akan menjalankan bisnis tersebut?
Yang akan menjalankan  perusahaan ini yaitu saya sendiri selaku pemilik perusahaan,dan dibantuoleh 6 karyawan yang tugasnya yaitu 3 karyawan mensablon(Supir), 2 lagi mengeringkan sablon (kenek), dan satu lagi mengepress plastik.
·      When : Kapan Bisnis tersebut dilaksanakan?
 Bisnis tersebut dilaksanakan pada bulan  Desember 2013
·         Where : dimana perusahaan tersebut akan  dilaksanakan ?
Perusahan ini  dilaksanakan di Banjarsari, lengkapnya di desa  kawasen,dusun Sumanding, RT.24/06, Kec.Banjarsari. Untuk Pemasarannya didaerah banjarsari, Pangandaran dan tasikmalaya, atau siapa saja yang membutuhkan.
·         HOW ; Bagaimana langkah-langkah menjalankan bisnis tersebut ?
-Modal :
Membeli computer, printer,kertas undangan, plastik dan alat sablon seperti screen, meja sablon, cat, rakel, obat afdruk. sehingga diperkirakan memerlukan uang Rp.30.000.000,00
- kerja :
akan menjalankan  perusahaan ini yaitu saya sendiri selaku pemilik perusahaan,dan dibantu oleh 6 karyawan diantaranya 3 karyawan yang tugasnya mensablon(Supir),  2 lagi mengeringkan sablon (kenek),dan 1 pengepres plastik.
Bahan baku :
Bahan baku pembuatan sablon bisa di beli di toko percetakan indah yang menjual berbagai macam alat sablon dan kertas undangan yang bertempat di daerah ciamis gayam dekat rel kereta api, atau bisa dibeli di toko sagitarius di tasikmalaya.
-Proses Produksi :
kita buat desain print-outnya, kemudian kita afdruk screen supaya menghasilkan film di screen,setelah itu kita olesi cat ke objek kemudian kita keringkan dengan hair dryer atau di jemur tapi tidak terkena matahari. Setelah kering maka gambar pada objek sudah jadi.
-Pemasaran :
Untuk Pemasarannya di daerah banjarsari, Pangandaran dan Tasikmalaya, dengan menawarkan ke toko-toko  yang ingin membeli kantong kresek yang ada identitas tokonya, atau para pemuda yang ingin menikah yang membutuhkan undangan kami siap membantu  atau siapa saja yang membutuhkan jasa kami.

B. Analisis SWOT
·      Strength (kekuatan)
Jasa pembuatan sablon sangat dibutuhkan  konsumen karena banyak orang yang menikah yang memerlukan undangan,toko-toko yang membutuhkan sablon kresek untuk tokonya supaya dikenal di masyarakat,dan juga para siswa yang membuat kaos untuk kelasnya.
·      Weakness (Kelemahan)
Dalam jasa pembuatan sablon tidak setiap hari ada konsumen karena untuk sablon undangan biasanya hanya musim hajat,kemudian untuk sablon kresek dalam satu produksi satu hari untuk  250 kresek bisa terpakai dua mingguan oleh toko.
·      Oportunity (Peluang)
Jasa percetakan sablon sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena  toko-toko yang ingin dikenal dimasyarakat maka membuat sablon kresek yang ada tulisan identisas tokonya, jika ada acara hajatan maka memerlukan undangan untuk member tahu kerabatnya.
·      Threath (ancaman)
Ada beberapa usaha yang bergerak dibidang yang sama yaitu  percetakan sablon sehingga persaingan semakin ketat


II.  STUDI KELAYAKAN BISNIS
A.Aspek Pasar
1.Jenis Produk dan gambar produk
Jenis produk perusahaan ini adalah Perusahaan Jasa yang bergerak dibidang percetakan sablon dengan nama PERCETAKAN ARYADI (PA)
·         Gambar Produk PERCETAKAN ARYADI (PA)













                            



2.Jenis pasar yang dituju
a. dari segi produsen
dari segi produsen perusahaan ini termasuk ke dalam  pasar persaingan monopolistik karena jumlah produsennya banyak dan produknya beraneka ragam seperti sablon undangan, sablon plastik, sablon kaos dan sablon gelas.
b. dari segi konsumen
dari segi konsumen perusahaan ini termasuk kedalam pasar konsumen karena barang yang dibeli untuk keperluan sendiri,dan juga bias termasuk ke dalam pasar penjual kembali/reseller karena banyak orang yang membeli produk sablon untuk dijual kembali kepada konsumen.

3. Analisis SWOT aspek pasar
Strength
ü  Karena merupakan produsen pertama di desa tersebut sehingga dapat menguasai harga pasar
ü  Tidak terlalu ada ancaman pesaing, karena letak pesaing yang jauh
ü  Kesempatan memonopoli pasar tinggi, sehingga perolehan profil dapat maksimal
Weakness
ü  Karena merupakan jasa percetakan sablon yang pertama berdiri sehingga konsumen yang jaraknya tidak dekat atau belum tahu keberadaan Percetakan sablon, sehingga perlu diadakan promosi besar-besaran.
Opportunities
ü  Kebutuhan akan percetakan sablon tinggi,sebagai kebutuhan hajatan, perlengkapan toko-toko.
Threath
ü  Adanya pesaing yang meniru produk kami,walaupun tempatnya  sedikit jauh,tapi ini merupakan pesaing harus di waspadai.




B.Aspek Pemasaran
1. Segmentasi, target, dan posisi pasar
1.Segmentasi
·                Segmentasi Pasar
a.    Aspek Geografis      : Untuk sementara wilayah pemasaran Percetakan sablon yaitu daerah Banjarsari, Pangandaran, dan Tasikmalaya.
b.    Aspek Demografis   : - usia                 : semua usia
                                                         - jenis kelamin   : pria dan wanita.
c.    Aspek Psikografis    : Produk ini bisa di nikmati oleh kalangan menengah ke atas . Hal ini disebabkan karena  kebanyakan kalangan menengah ke atas yang memesan undangan, dan toko–toko yang besar yang memesan sablon plastik
d.   Aspek Perilaku         : Mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas produk serta konsisten dalam hal memberi potongan.
·      Target Pasar
Setelah melihat dari segmentasi pasar, maka target pasar dari bisnis saya ini adalah dilakukan di daerah Banjarsari, Pangandaran, dan Tasikmalaya, diperuntukkan bagi semua usia,jenis kelamin dan kalangan menengah ke atas serta bisa konsisten dalam penentuan kualitas produk dan pemberian potongan.
·      Posisi pasar
a.    Mengidentifikasi Keunggulan Kompetitif
-   Kualitas / Mutu
Keunggulan yang saya munculkan dalam percetakan sablon ini adalah produk yang di buat memiliki kualitas yang tahan luntur,membuat tampilan desain yang menarik sehingga konsumen dapat merasa puas.
-   Harga
Harga yang saya tawarkan pasti lebih murah dibanding para pesaing ,Harga satu plastik sablon satu warna bolak-balik yaitu Rp.1000,00 jika dua warna yaitu Rp. 1.500,00, harga undangan menengah ke bawah yaitu Rp.2000,00 sampai Rp.1.000,00, harga undangan menengah ke atas yaitu Rp.5.000,00,sampai Rp.10.000,00 harga kaos sablon dengan kain bagus yaitu Rp.60.000,00 sampai Rp.80.000,00
-          Pelayanan
Disini saya akan memberikan pelayanan yang membuat  konsumen merasa puas, yaitu mulai dari konsultasi mengenai desain gratis serta fasilitas yang merasa nyaman misalnya : TV dan tempat parkir.
-       Lokasi
Saya memilih lokasi yang di daerah Banjarsari lengkapnya di desa Kawasen, Dusun Sumanding,  RT.24?06, Kec.Banjarsari
-       Memilih Keumggulan Yang Kompetitif
Keunggulan percetakan sablon saya dibandingkan dengan yang lain adalah dari segi kualitas produk ,penetapan harga yang tidak terlalu mahal dan segi pelayanan yang baik.
-       Mengkomunikasikan Pasar
Setelah memilih keunggulan yang kompetitif ,saya akan langsung menerapkannya di perusahaan saya, sehingga konsumen bisa menikmati keunggulan dari produk saya itu.
2.    Marketing Mix
·      Product   :
Produk  percetakan perusahaan saya adalah sablon     Undangan, sablon Plastik,dan sablon kaos.
·      Price      :
Harga satu plastik sablon satu warna bolak-balik yaitu Rp.1000,00 jika dua warna yaitu Rp. 2000,00, harga undangan menengah ke bawah yaitu Rp.2000,00 sampai Rp.1.000,00, harga undangan menengah keatas yaitu Rp.5.000,00,sampai Rp.10.000,00 harga kaos sablon dengan kain bagus yaitu Rp.60.000,00 sampai Rp.80.000,00
·      Place      
Lokasi usaha yaitu di Banjarsari lengkapnya di desa    Kawasen, Dusun Sumanding,  RT.24/06, Kec.Banjarsari
·      Promotion   
 Kegiatan promosi yang akan saya lakukan adalah advertising yaitu dengan pemasangan papan nama didepan kantor, memasang spanduk , penyebaran brosur dengan tampilan yang menarik.
·      People          :
Memberikan keamanan dan kenyamanan kepada konsumen, yaitu dengan bersikap ramah, sopan, dan santun dalam penampilan dan berbicara.
·      Physical Evidence
Tv dan tempat Parkir
·      Process        
Adanya open design yaitu konsumen bisa melihat koleksi desain yang ada di perusahaan ini,bisa menciptakan desain sendiri, dan kami membantu desain apa yang anda sukai.

C. Aspek teknik dan Teknologi
1. rencana kualitas produk
a.    Reliability
Mampu memberikan target pembuatan sesuai yang waktu yang direncanakan,kemudian selalu ada hadiah kepada konsumen setiap ada transaksi.
b.    Responsiveness
Mampu menampilkan sikap yang membuat konsumen puas,yaitu dengan mampu melayani dan menanggapi keluhan konsumen dalam menggunakan produk.

c.    Assurance
Mampu menampilkan sikap yang membuat konsumen nyaman, yaitu dengan berpenampilan sopan, dan mampu mempersentasikan berbagai produk yang  tersedia kepada konsumen,dan bisa  konsultasi mengenai desain yang diinginkan.
d.   Empathy
  Selalu siap dalam menanggapi dan menangani keluhan konsumen ketika menikmati produk, yaitu dengan kesigapan dan keramahan dalam merespon dan menangani keluhan, pertanyaan, maupun bantuan yang diminta konsumen,dan juga perusahaan in setiap objek yang di sablon selalu ada nama pembuatnya yaitu Percetakan ARYADI dengan diberi alamat dan No.HP, sehingga konsumen bisa leluasa  untuk menghubungi kami, sehingga mampu merespon dan menangani secara cepat.
e.    Tangibles
Merancang dan mendisain tempat usah senyaman mungkin, yaitu dengan memberikan warna yang cerah, menjaga kebersihan, serta proses dalam menggunakan produk cepat, adanya koleksi desain yang di bukukan, sehingga bisa melihat-lihat desain yang bagus, adanya TV  dan computer di ruang tamu.

2.Pemilihan Teknologi
Teknologi yang saya gunakan adalah
-      Telepon , untuk memudahkan menghubungi Percetakan ARYADI
-       TV, Kipas Angin, Komputer dan sound system  untuk membuat pelanggan nyaman
-       Alat Press untuk sablon Plastik
-       Hair dryer untuk mengeringkan sablon Kaos

3. Rencana Kapasitas Produk
Dalam  dunia bisnis Percetakan, tidak menentu dalam jumlah produk yang dihasilkan, tergantung ketersediaan bahan baku, karyawan, dan permintaan pelanggan. bila semua faktor itu mendukung dalam sehari perusahan saya bisa memproduksi 500 plastik sablon, 100 kaos sablon, 1000 undangan.
4. Letak dan Layout Pabrik
1.    Letak Dan Layout Pabrik
Lokasi usaha yang saya jalankan sangat strategis, mudah di jangkau oleh kendaraan apapun. Hal ini karena lokasi usaha perusahaan saya berada di pusat kota Banjarsari, tepatnya di Jl. Pangandaran, Desa Kawasen, Dusun Sumanding, RT.24/06 Kec.Banjarsari.















layout perusahaan PERCETAKAN ARYADI adalah sebagai berikut:        




Keterangan
·         A = Tempat Parkir
·         B = Ruang Tamu
·         B1 = TV
·         B2 = Salon Aktif
·         B3 = Kipas Angin
·         B4 = Komputer dan Printer
·         B5 = Tempat Koleksi desain sablon
·         B6 = Kursi
·         C   = Dapur
·         C1 = Lemari es
·         D   = WC
·         E   = Tempat Kerja
·         E1 = Meja Sablon
·         E2 = Meja Press Plastik
·         E3 = Tempat penyimpanan bahan baku
·         E4 = Tempat penyimpanan barang jadi
·         E5 = Tali jemuran sablon plastik
·         E6 = Salon Aktif

5. Manajemen persediaan
a.    Penentuan Jumlah Order
     Dikarenakan perusahaan saya masih baru dan belum berkembenmg pesat ,jadi untuk jumlah orderan masih dibatasi , untuk kertas undanan dalam sehari 1000 lembar, untuk kaos 100 kaos, dan untuk plastic 300.
a.    Safety Stock
     Dalam bisnis yang saya jalani persediaan bahan baku sangat penting untuk menaggulangi permintaan konsumen yang melebihi batas . adapun persediannya :
- bahan baku             :  100 lembar kertas undangan
10    kaos 
200 Plastik
6. Pengawasan Kualitas
v Perencanaan Kualitas
  Untuk menghasilkan produk yang berkualitas baik, perusahaan yang saya pimpin memiliki karyawan yang profesional , selain itu di dukung dengan bahan baku yang baik pula.

v Pengendalian Kualitas
      Disini saya akan memantau kinerja karyawan , agar produk yang dihasilkan sesuai dengan pesanan dan selera konsumen.Selain itu Percetakan Aryadi juga berkomunikasi baik dengan konsumen berupa keluhan dan masukan terhadap produk yang dinikmati.

v Perbaikan Kualitas
      Di sini saya akan mengevaluasi kinerja karyawan baik dari segi pelayanan maupun pembuatan sablon yang lebih baik

D. Aspek Manajemen
1.    Anggaran Biaya Produksi
Anggaran produksi untuk 3 kali produksi :
-  bahan baku:
o    3 Screen @ Rp.35.000                        Rp.105.000,-
o    3 Racel  @ Rp.5.000                           Rp.  15.000,-  
o    3 Kalkir @ Rp.7.000                           Rp.  21.000,-
o    3 Obat apdruk @ 42.000                    Rp.126.000,-
o    I pewarna merah @ 15.000                 Rp.  15.000,-
o    1 pewarna kuning @15.000                Rp.  15.000,-
o    1 pewarna biru @15.000                     Rp.  15.000,-
o    5 pak kertas undangan @50.000         Rp.250.000,-
o    1 pewarna putih @ 15.000                  Rp.  15.000,-
o    10 pak plastic @30.000                       Rp.300.000,-
                                  Jumlah                                              Rp. 877.000,-    
-            biaya gaji :
o    3 karyawan Penyablon @150.000      Rp.450.000,-                          
o    2 karyawan pengering @ 100.000      Rp.200.000,-
o    1 karyawan tukang press @100.000   Rp 100.000,-
                                  jumlah                                              Rp.750.000,-

      biaya transportasi                                                         Rp.   50.000,-
-            biaya listrik , air dan telepon                                       Rp.    10.000,-
                                jumlah                                                Rp.1.687.000,-

Jadi untuk 5 kali produksi anggaran yang dibutuhkan adalah :
3 x Rp.1.687.000,- = Rp.5.061.000,-


2.Struktur organisasi

Direktur
Dede Haryadi
Karyawan -Karyawan
Penyablon

Anton
Budi
lukaman
Pengering

Adi
Arman
Tukang press

Udin
 










3.Tipe kepemimpinan
Tugasnya:
a.  Direktur :
Mengatur, menunjukan kepada bawahan apa saja , di mana serta bagaimana suatu tugas harus dilaksanakan .Karena perusahaannya masih kecil ,maka di sini direktur juga bertugas sebagai seorang kasir.
b. Penyablon           :
mengoleskan cat pada screen   dan melaporkan keadaan/ ketersediaan bahan baku kepada direktur.
c. Pengering            :
mengeringkan sablon yang telah jadi,kemudian di susun dengan rapi sesuai permintaan konsumen.
d. Pengepress          :
membuat tangan plastic untuk digunakan dengan cara dipanaskan.

b.    Tipe Kepemimpinan
Tipe kepemimpinan yang akan saya terapkan adalah tipe konsultatif. Hal ini karena saya ingin memberi kebebasan berpendapat kepada karyawan baik itu kritikan maupun saran , sehingga akan tercipta komunikasi yang harmonis antara direktur dan karyawan , tetapi keputusan tetap di tangan direktur.
c.    Metode Pengendalian
Pengendalian percetakan Aryadi yaitu pengendalian pendahuluan, karna pengendalian ini memastikan bahwa sebelum kegiatan dilakukan maka SDM, bahan, perlengkapan, dan peralatan yang diperlukan sudah dianggarkan. Misalnya pemilihan perlengkapan dan peralatan yang berkualitas, anggaran modal dirinci dan disusun rapi, yang akhirnya diharapkan dapat memperoleh profit maksimal.

E. Aspek Sumberdaya Manusia
1.    Perencanaan karyawan
Karyawan yang dibutuhkan yaitu 6 karyawan diantaranya  3 karyawan penyablon, 2 karyawan pengering sablon,dan 1 karyawan tukang press. sedangkan untuk kasir dan desain  akan dipegang oleh saya sendiri.
2.    Job Description
a)    Job analysis
   Adapun tugas dari masing – masing karyawan adalah sebagai berikut:
·       Penyablon
Anton,Budi dan lukaman bertugas sebagai pengoles cat pada screen
·         Pengering sablon
Adi dan Arman bertugas mengeringkan sablon dengan cara dijemur di ruangan,untuk mengeringkan kaos dengan cara di hair dryer
·         Pengepress plastik
Udin bertugas mengepres plastik dengan cara menyatukan plastik untuk tangan kresek.
b.      Job spesification
      Adapun persyaratan – persyaratan untuk masing – masing bagian jabatan adalah sebagai berikut :
-          Penyablon       :
pendidikan                  : min. lulusan SD
umur                            : 18 – 40 tahun
jenis kelamin               : pria
pengalaman kerja        : -

-          Pengering sablon         :
pendidikan                  : min. lulusan SD
umur                            : 18 – 40 tahun
jenis kelamin               : pria atau wanita
pengalaman kerja        : -

-          Tukang Press Plastik:
pendidikan                  : min. lulusan SD
umur                            : 18 – 40 tahun
jenis kelamin               : pria atau wanita
pengalaman kerja:  -

3.    Rekruitmen, seleksi dan orientasi
a.. Rekruitmen
Untuk merekrut karyawan di sini saya akan merekrut karyawan muda di daerah sekitar perusahaan yang masih pengangguran.
b.    Seleksi
Untuk tahap seleksi kami member kesempatan kepada calon karyawan untuk mecoba segala macam alat sablon, jika ia handal dalam proses pengecetan,maka akan disimpan di tempat penyablonan,jika kurang handal ditempatkan di proses pengeringan dan pengepressan.
c.    Orientasi
Untuk karyawan yang baru disini saya akan  memperkenalkan terlebih dahulu ruangan yang ada ,kemudian menjelaskan tugasnya masing – masing sesuai bagiannya dan memberikan masa percobaan selama 3 bulan.

4.      Rencana Pelatihan dan pengembangan
1.             Untuk pelatihan ,mungkin di sini saya akan menunjuk satu orang karyawan ,khusus untuk bagian penyablonan yang paling rajin  +produktif dibanding karyawan  yang lainnya untuk mengikuti acara – acara seminar sehingga ilmu pengetahuan dia tentang percetakan bisa meningkat kemudian membagi ilmu tersebut kepada karyawan yang lain dan menerapkannya dalam bisnis saya ini.
2.             Sedangkan untuk pengembangan karyawan ,mungkin tidak akan  ada dulu ,dikarenakan usaha ini masih kecil,belum berkembang pesat ,jadi dana nya belum  mencukupi.
5.    Performance appraisal

Metode yang akan saya lakukan dalam mengukur sejauh mana prestasi dari kinerja karyawan–karyawan saya adalah dengan pengawasan langsung pada saat mereka bekerja di tambah dari absensi kehadiran mereka.









6.    Kompensasi
      
DAFTAR KOMPENSASI KARYAWAN (PER BULAN)
PERCETAKAN ARYADI

Bagian/ Jabatan
Jumlah
Karyawan
(orang)
Kompensasi

(Rp)
Jumlah
Kompensasi
(Rp)
penyablon
3
800.000
2.400.000
Pengering sablon
2
600.000
1.600.000
Tukang press
1
400.000
  400.000
Jumlah
6
1.800.000
4.400.000

7.  Keselamatan dan kesehatan kerja
Untuk menjamin keselamatan dan kesehatan kerja ,di sini saya akan menyediakan peralatan – peralatan yang baru dan dijamin aman untuk digunakan dan akan diganti secara berkala apabila umur ekonomis dari peralatan yang digunakan tersebut telah habis , selain itu juga untuk bagian karyawan penyablonan dan pengeringan dikasih masker supaya udara cat yang berbahaya  tidak langsung terhirup oleh hidung.
8 .Separation
Saya akan melakukan pemberhentian karyawan apabila :
a.         karyawan tersebut mengundurkan diri
b.        karyawan tersebut melakukan kesalahan yang patal , misalnya terlalu sering tidak masuk kerja
c.         karyawan tersebut meninggal dunia
d.        karyawan tersebut terbukti melakukan tindak kriminal, misalnya mencuri bahan baku perusahaan.


F. Aspek Finansial

1. Kebutuhan dana
Aktiva tetap berwujud
ü  3meja sablon @Rp 1.000.000,-                 = Rp   3.000.000,-
ü  Gedung                                                     = Rp 20.000.000,-
ü  Komputer                                                  = Rp   1.500.000,-
ü  Alat press                                                  = Rp      500.000,-
ü  Printer                                                        = Rp   1.000.000,-
ü  Hair dryer                                                  = Rp      500.000,-
                          Total aktiva tetap berwujud                                      Rp 26.500.000,-
Modal Kerja                                                                        
ü  Kas                                                     = Rp  3.000.000,-
ü  Perlengkapan
4 cat @Rp 25.000,-                 = Rp 100.000,-
3 racel @Rp 5.000,-                = Rp   15.000,-
3kalkir@Rp.5.000,--               = Rp.  15.000,-
Obat apdruk@Rp.68.000        = Rp.   68.000,-
10 pak kresek@ Rp.30.000,-   = Rp. 300.000,-
10 pak undangan@Rp.50.000= Rp. 500.000,-
                                                                 = Rp    1.000.000,-
Total modal kerja                                                                 Rp    4.000.000,-
Total kebutuhan dana                                                          Rp  30.500.000,-









2.    Sumber Dana

A.Aktiva Tetap Berwujud
- Gedung
- peralatan:
ü  3meja sablon @Rp 1.000.000,-   
ü  Komputer                        
ü  Alat press                        
ü  Printer                             
ü  Hair dryer            
 jumlah
- kendaraan
 Jumlah aktiva tetap berwujud



Bank

Modal Sendiri
Modal Sendiri
Modal Sendiri
Modal Sendiri
Modal Sendiri






 300.000
1.500.000
 500.000
1.000.000
500.000


20.000.000






                6.500.000
   30.000.000












56.500.000
B. Modal Kerja
- Kas
-Perelengkapan

Jumlah modal kerja
    Total Kebutuhan Dana

Modal Sendiri
Modal Sendiri





2.000.000
1.000.000





3.000.000
59.500.000
KETERANGAN
SUMBER
( Dari)
HARGA (Rp)
JUMLAH (Rp)
Keterangan :
Modal pemilik           = Rp 39.500.000,-
Kredit bank                 = Rp 20.000.000,-
         Total         = Rp 59.500.000,-
Ket: kredit Bank untuk 12 bulan, dengan suku bunga 0,2%

3 & 4 . Proyeksi pendapatan dan pengeluaran (untuk 3 bulan)

PERCETAKAN ARYADI
CASH FLOW
JANUARI-MARET 2012
(dalam rupiah)

KETERANGAN
JANUARI
FEBRUARI
MARET
Kas masuk
1.     Kegiatan operasiona
ü Pendapatan jasa sablon
2.     Kegiatan pendanaan
ü Pinjaman dari bank
ü Setoran modal pemilik
Total kas masuk


10.000.000

20.000.000
39.500.000
69.500.000
39.150.000

10.500.000

-
-
49.650.000
43.040.000

11.000.000

-
-
32.040.000
Kas keluar
1.     Kegiatan operasional
ü Pembelian perlengkapan
cat
kalkir
ü 6 Gaji karyawan@800.000
ü Beban-beban
Cicilan Bank
Beban Bunga
Beban listrik

2.     Kegiatan investasi (Pembelian aktiva tetap)
ü  3meja sablon
ü  Gedung         
ü  Komputer                     
ü  Alat press                      
ü  Printer                            
ü  Hair dryer                 
Total kas keluar



100.000
10.000
4.800.000

1.500.000
40.000
100.000



3.000.000
20.000.000
1.500.000
500.000
1.000.000
500.000



150.000
10.000
4.800.000

1.500.000
40.000
110.000



-
-
-
-
-
-



150.000
15.000
4.800.000

1.500.000
40.000
110.000



-
-
-
-
-
-
-
    30.350.000
       6.610.000
     6.615.000
Saldo akhir kas
   39.150.000
43.040.000
25.425.000

5.        Proyeksi laporan laba\rugi untuk 3 bulan
PERCETAKAN ARYADI
PROFIT/ LOSS STATEMENT
JANUARI-MARET 2012
(dalam rupiah)
KETERANGAN
JANUARI
FEBRUARI
MARET
Pendapatan jasa
Beban perlengkapan
Beban gaji
Beban listrik
Beban bunga
10.000.000
(110.000)
(4.800.000)
(100.000)
(40.000)
10.500.000
(160.000)
(4.800.000)
(110.000)
(40.000)
11.000.000
(165.000)
(4.800.000)
(110.000)
(40.000)
Profit
4.950.000
5.390.000
5.885.000


6.        Proyeksi neraca untuk 3 bulan
PERCETAKAN ARYADI
BALANCE SHEET
JANUARI 2014
(dalam rupiah)
AKTIVA
PASSIVA
Aktiva lancar
Kas
Aktiva tetap
3meja sablon
Gedung          
Komputer
Alatpress
Printer
Hair dryer



3.000.000
20.000.000
1.500.000
500.000
1.000.000
500.000

   39.150.000







26.500.000
65.650.000

Hutang
Hutang bank

Modal
Modal Aryadi


18.500.000


47.150.000






65.650.000





PERCETAKAN ARYADI
BALANCE SHEET
FEBRUARI 2014
(dalam rupiah)
AKTIVA
PASSIVA
Aktiva lancar
Kas
Aktiva tetap
   3meja sablon
   Gedung       
   Komputer
   Alatpress
   Printer         
  Hair dryer




3.000.000
20.000.000
1.500.000
500.000
1.000.000
500.000


43.040.000







26.500.000
69.540.000
Hutang
Hutang bank

Modal
Modal Aryadi










17.000.000


52.540.000






69.540.000






PERCETAKAN ARYADI
BALANCE SHEET
MARET 2014
(dalam rupiah)
AKTIVA
PASSIVA
Aktiva lancar
Kas
Aktiva tetap
3meja sablon
   Gedung       
   Komputer
   Alatpress
   Printer         
  Hair dryer




3.000.000
20.000.000
1.500.000
500.000
1.000.000
500.000



25.425.000







26.500.000
51.925.000
Hutang
Hutang bank

Modal
Modal Mia


15.500.000


36.425.000






51.925.000





G.Aspek Ekonomi, Sosial dan Politik
1.Pengaruh kondisi ekonomi saat ini terhadap bisnis
a.    Nilai tukar rupiah
Jika nilai tukar lemah maka akan berdampak pada tingginya harga beli peralatan (alat–alat sablon) dan perlengkapan (cat,kertas undangan, kresek dan kaos) yang dibuuuhkan Percetakan Aryadi Print. Sehingga perolehan profit akan kecil, karena pengeluaran untuk perolehan peralatan dan perlengkapan tinggi. Begitu juga sebaliknya.
b.    Pendapatan nasional
Walaupun sasaran utama adalah toko dan pemuda yang akan nikah yang dipengaruhi oleh tingkat pendapatan, jika Pendapatan tinggi,  maka daya belipun tinggi, begitu pula sebaliknya.
c.    Kebijaksanaan pemerintah
Dalam penentuan harga eceran terendah, Percetakan Aryadi  berpedoman pada aturan- aturan yang dibuat oleh asosiasi Percetakan sablon ciamis (Persabcis).

2.Kontribusi bisnis terhadap pembangunan ekonomi

a.    Membuka lapangan pekerjaan (untuk diri sendiri dan warga sekitar)
b.    Menggunakan sumber daya lokal (dalam pembelian peralatan dan perlengkapan dibeli lokal atau dalam negeri)
c.    Menumbuhkan industri lain (dengan berdirinya P:ercetakan Aryadi maka akan memicu produsen lain untuk mendirikan bisnis, baik dalam bidang yang sama, maupun yang lainnya seperti fotocopy)
d.   Menambah pendapatan nasional (karena produk Percetakan Aryadi tidak melakukan ekspor impor, sehingga tidak memberikan kontribusi devisa. Jadi Percetakan Aryadi tidak memberikan kontribusi dalam menambah pendapatan nasional).



3.    Pengaruh kondisi sosial terhadap bisnis
a.    Gaya hidup dan kelas sosial
 Karena Percetakan Aryadi merupakan jasa umum artinya dibutuhkan oleh semua kalangan, Jika gaya hidupnya tinggi dan kelas sosialnya tinggi maka ia akan membeli percetakan yang mahal dan bagus dengan jumlah yang banyak.
b.    Kondisi kehidupan masyarakat
Percetakan Aryadi  berlokasi dilingkungan masyarakat yang kondusif. Karena daerahnya juga masih desa sehingga tidak  rawan suasana bentrokan, dan lain- lain.
4.    Kontribusi bisnis terhadap kehidupan sosial
a.    Membuka lapangan pekerjaan (Aryadi sudah memperkerjakan 6 orang karyawan sehingga mengurangi pengangguran)
b.    Meningkatkan mutu hidup (Percetakan Aryadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan produk- produknya, memenuhi kebutuhan pemilik secara materi, dan menyediakan lowongan untuk Karyawan)
c.    Memberikan pengaruh positif
Fisik         : lingkungan sekitar tempat usaha menjadi bersih
Psikis       : setelah menggunakan produk ini, akan merasakan kepuasan
5.    Pengaruh kondisi politik yang sedang berkembang terhadap bisnis
Kaerna Percetakan Aryadi  merupakan usaha sekala kecil, jadi tidak ada investasi dari luar (investor besar).

H.     Aspek Lingkungan Industri
1.    Strategi untuk mengantisipasi ancaman masuknya pendatang baru
a.    Skala ekonomi
Mengadakan peralatan secara maksimal, sehingga produk yang dihasilkan dapat maksimal. Yaitu dengan memaksimalkan jumlah Percetakan dan bentuk desain dengan dana yang ada, sehingga produk yang dihasilkan bisa lebih banyak,dan bagus.
b.    Diferensiasi produk
Karena produk rata-rata dari Percetakan umumnya sama, jadi strategi yang lebih tetap diterapkan yaitu bagaimana cara memperoleh kepuasan dari konsumen dalam pemakaian produk. Yaitu dengan penggunaan peralatan dan pelayanan yang berkualitas.
c.    Kecukupan modal
Dengan modal yang ada, digunakan untuk membeli peralatan yang berkualitas. Karena walaupun modal tidak terlalu besar, tapi konsumen merasa puas dengan produk yang ada walaupun jumlahnya minim, akan membuat konsumen merasa nyaman. Sehingga dalam kualitas dapat bersaing, walaupun dalam kuantitas masih terbatas.
d.   Akses ke saluran distribusi
Percetakan ARYADI yaitu merupakan usaha dimana konsumen datang langsung ke tempat usaha, dan juga kami mencari konsumen ke toko-toko khususnya untuk daerah Banjarsari, Pangandaran dan Tasikmalaya yang mayoritas gaya hidup tinggi .

2.    Strategi untuk mengantisipasi ancaman dari produk pengganti
Produk substitusi untuk produk Percetakan ARYADI yaitu Percetakan Digital,Memang belum banyak konsumen yang mampu dari segi ekonomi, tapi hal tersebut akan dapat menjadi ancaman bagi Percetakan ARYADI.
Untuk penanganannya yaitu dengan pelayanan terbaik, dan dalam menentukan tarif harus wajar, sehingga konsumen tidak merasa dibohongi dan dirugikan.
3.    Strategi untuk mengantisipasi kekuatan tawar menawar buyers
-       .Menetapkan harga yang terjangkau oleh konsumen, sehingga konsumen mempunyai kemampuan untuk membeli produk saya tanpa harus menawar.
-       Memberikan pelayanan yang baik ditambah fasilitas yang memuaskan , sehingga pelanggan enggan untuk menawar.
4.    Strategi untuk mengantisipasi kekuatan tawar menawar suppliers
Strategi yang akan saya lakukan adalah membeli bahan baku dalam jumlah yang cukup banyak dan menjadi pelanggan yang loyal, sehingga pemasok dapat memberikan potongan harga.

5.    Pengaruh kekuatan stakeholder terhadap persaingan usaha
a.    Pemerintah
Pemerintah sangat berpengaruh terhadap kegiatan bisnis saya , yaitu dalam penetapan harga eceran terendah dan harga eceran tertinggi, sehingga tidak akan merugikan pelaku bisnis dan konsumennya.
b.    Investor
Investor Percetakan Aryadi Print adalah dari pihak keluarga, dan itupun hanya pada awal pendirian, jadi berpengaruh dalam beban yang harus dikeluarkan tiap bulan, sebagai tambahan modal pinjaman.
c.    Kreditur
Kreditur juga memiliki pengaruh sentral dalam kegiatan bisnis saya ini . Hal ini dikarenakan dengan adanya kreditur , maka kebutuhan dana bisa terpenuhi.
d.   Masyarakat
Masyarakat merupakan faktor yang sangat penting dalm bisnis saya. Hal ini karena produk yang saya buat itu untuk memenuhi salah satu kebutuhan masyarakat. Jadi intinya maju mundurnya bisnis saya tergantung dari seberapa banyak masyarakat yang membeli produk saya.
e.    Karyawan
Karyawan juga merupakan faktor yang tidak kalah penting terhadap bisnis saya. Karena kalau tidak ada karyawan  maka saya akan kesulitan dalam menjalankan bisnis saya ini .

I.    Aspek Yuridis
1.    Bentuk badan usaha
Dikarenakan bisnis yang saya jalankan ini di jalankan oleh saya sendiri (dalam hal ini dari segi permodalan ), saya tidak bekerja sama dengan orang lain maka, bentuk badan usaha dari bisnis saya ini adalah perusahaan perseorangan dengan nama Percetakan Aryadi.
2.    Bidang usaha
Percetakan Aryadi  merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang jasa. Yaitu menyediakan produk berupa jasa Percetakan yang dapat dinikmati oleh konsumen dengan cara datang langsung ke tempat usaha, atau kami melakukan order ke masyarakat dan toko-toko yang memerlukan percetakan.
3.    Izin usaha
Percetakan Aryadi memiliki SITU (Surat Izin Tempat Usaha) baik dari kantor desa setempat, maupun persetujuan dari masyarakat untuk mendirikan tempat usaha.

J.Aspek Lingkungan Hidup
1.    Dampak bisnis terhadap lingkungan
Limbah yang dihasilkan oleh Percetakan Aryadi yaitu kertas-kertas print, Kaleng cat, dan Plastik. Kalau tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan pencemaran tanah, dan nantinya akan menyebabkan polusi udara.
2.    Rencana pengelolaan lingkungan
Karena limbah Percetakan Aryadi Print bisa dijual kembali sebagai barang rongsokan khususnya untuk kaleng cat, maka saya akan jual ke tukang rongsok.dan untuk limbah Plastik saya akan bakar,supaya hilang limbah plastiknya..




K.          Risiko bisnis dan upaya antisipasinya
1.    Aspek keuangan
a.    Hutang yang berlebihan
Percetakan Aryadi  mendapatkan pinjaman dari Bank. Untuk mengatasi supaya cicilannya lancar, sehingga tidak menimbulkan tunggakan yaitu dengan melaksanakan kegiatan penjualan secara maksimal supaya profit yang diperoleh maksimal, dan mampu melunasi cicilan Bank.
2.    Aspek sumber daya manusia
a.    Setres dan kesehatan yang buruk
Kesehatan karyawan sangat penting dalam proses usaha. Sehingga harus benar-benar dijaga. Untuk mengantisipasinya yaitu dengan cara tidak terlalu memforsir tenaga karyawan, dengan cara teratur dalam jam kerja, dan memberikan waktu untuk istirahat di sela-sela jam kerja.
b.    Tidak beretika
Percetakan Aryadi hanya memiliki 6 karyawan. Jika karyawan tersebut kurang dalam etika, antisipasinya yaitu dengan memberikan pengarahan secara lisan oleh pemilik, jika tidak berubah maka akan dicari pengganti yang lebih beretika.
3.    Aspek pemasaran
a.    Performance produk yang rendah
Jika dalam penggunaan produk (jasa percetakan) lambat, maka antisipasinya yaitu pengecekan terhadap peralatan, jika memang terjadi kerusakan maka harus diganti dengan peralatan yang baru.
b.    Promosi yang kurang baik
Promosi yang dilakukan Percetakan Aryadi yaitu dengan menyebarkan selebaran-selebaran. Jika hasilnya kurang maksimal antisipasinya yaitu dengan memberikan  pelayanan maksimal kepada konsumen yang datang, sehingga nantinya promosi dapat dilakukan oleh konsumen karena merasa puas dan nyaman menggunakan produk-produk Percetakan Aryadi.
4.    Aspek ekonomi
a.    Rencana pembangunan daerah
Jika rencana pembangunan daerah terealisasikan, maka pasti akan muncul para pesaing. Antisipasinya yaitu dengan menanamkan loyalitas pada konsumen, sehingga jika ada pesaing baru para konsumen tidak akan mudah berpindah.

III.  SIMPULAN

Berdasarkan rencana bisnis yang meliputi analisis 5W+1H, analisis SWOT serta studi kelayakan bisnis yang meliputi aspek pasar, aspek pemasaran, aspek teknik dan teknologi, aspek manajemen, aspek sumber daya manusia, aspek finansial, aspek ekonomi sosial politik, aspek lingkungan industri, aspek yuridis, aspek lingkungan hidup, serta aspek risiko bisnis dan antisipasinya maka dapat disimpulkan bahwa usaha Percetakan Aryadi yang bergerak dalam bidang jasa Percetakan Sablon layak untuk direalisasikan.


















0 komentar:

Posting Komentar